Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly

seo friendly blog


Apa itu SEO ?

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik mempromosikan blog guna meningkatkan jumlah pengunjung yang berasal dari mesin pencari, seperti Google, Yahoo!, dan lain-lain.

Pada dasarnya, SEO digunakan untuk membuat struktur blog Anda menjadi lebih mudah dipahami oleh mesin pencari. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi SEO, mulai dari pemilihan kata, optimasi keyword, dan peningkatan kualitas artikel. Namun, pada prakteknya SEO tidak hanya melulu membuat blog Anda menjadi search engine friendly namun juga bagaimana blog Anda disukai oleh pengguna internet.

Untuk memulai membuat blog atau website yang SEO friendly, pertama coba cek skor SEO blog Anda di chkme.com. Setelah Anda melihat skor SEO tersebut lihat pula berbagai info yang bisa menjadi masukan untuk memperbaiki skor SEO blog Anda, misalnya penggunanan iFrame pada blog Anda.

Skor SEO

Skor SEO

Memperbaiki SEO dengan bantuan "saran" chkme.com hanya sedikit cara yang bisa Anda lakukan. Lebih lanjut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan blog Anda SEO friendly :

1. Perbaiki template blog Anda.
a. Cari dan hapus kode berikut ini :

<b:include name='quickedit'/>


Kode ini selalu muncul saat Anda menambahkan widget baru. Pastikan Anda menghapus kode tersebut saat Anda menambahkan widget-widget baru pada blog Anda.

b. Tambahkan meta tag berikut ini pada template Anda :

<meta content='deskrpsi blog anda' name='description'/>
<meta content='keyword blog anda' name='keywords'/> 


c. Cari tanda seperti ini ------------*/ atau seperti ini /*------------- dan hapus garis-garisnya sehingga menjadi lebih pendek.

d. Ganti kode </html> yang terletak dibawah pada template Anda dengan </HTML>.

e. Cari kode berikut ini dan ganti dengan meta tag manual :

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>


f. Perbaiki format judul posting, dimana ini sangat berperan dalam SEO blog. Pastikan Anda menempatkan judul posting di awal lalu diikuti dengan judul blog.


Tips : Cari kode berikut ini :

<title> <data: blog.pageTitle /> </ title> 


dan ganti dengan kode berikut ini :

<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>


2. Optimasi SEO pada gambar.

Pada saat Anda membuat suatu postingan, hampir pasti akan selalu ada gambar didalamnya, bisa satu atau lebih. Lakukan optimasi dengan menambahkan tag alt dan tag title pada gambar yang Anda upload agar mesin pencari mendapat informasi tentang gambar tersebut saat melakukan pencarian gambar. Klik pada gambar, lalu pilih properties dan isikan tag title maupun tag alt pada gambar yang Anda upload.

seo friendly blog

3. Memberikan label / kategori yang tepat serta artikel terkait.

seo friendly blog

Label / kategori merepresentasikan kata kunci dari sebuah posting, serta akan mempengaruhi artikel terkait yang akan muncul sesuai dengan postingan Anda. Coba gunakan lebih dari satu label / kategori pada setiap postingan Anda.

4. Membuat link eksternal menjadi "nofollow".

seo friendly blog

Nofollow merupakan atribut html yang akan memblokir keuntungan mesin pencari link eksternal dalam blog Anda. Saat Anda menambahkan link eksternal dalam sebuah postingan jangan lupa untuk menambahkan atribut nofollow.
shared

Komentar Terbaru

Just load it!