Cara Membuat Blog Menjadi Mobile Friendly

mobile friendly


Blog yang mobile friendly saat ini sudah menjadi sebuah keharusan untuk dioptimalkan, dimana Google saat ini sudah mengeluarkan sebuah algoritma baru, yaitu Mobilegeddon, bahwa 50% pencarian Google berasal dari perangkat mobile. Memiliki blog yang mobile friendly artinya Anda memberikan kenyamanan akses blog Anda terhadap pengunjung via perangkat mobile.

Untuk menjadikan blog Anda menjadi mobile friendly, Anda bisa menggunakan 2 cara :

1. Mengaktifkan template versi mobile.

Anda dapat mengaktifkan template versi mobile bagi blog Anda tanpa mengotak-atik template menjadi responsif.
a.  Login ke blogger dan buka menu template.
mobile friendly

b.  Klik pada icon pengaturan template mobile / seluler.
mobile friendly

c.  Pilih "Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler." Lalu klik simpan. 

mobile friendly

Saat ini, Anda telah memiliki 2 template yang berbeda, satu untuk versi desktop dan yang satu lagi versi perangkat mobile.

2. Menerapkan template responsif.

Jika Anda menerapkan template responsif, maka blog Anda dapat menampilkan halaman blog yang dapat diadaptasi baik oleh peramban versi desktop maupun versi mobile. Disini, layout blog harus dapat menyesuaikan dengan lebar peramban, umumnya menggunakan CSS media queries (@media screen).

Saat ini, banyak template yang sudah responsif dan biasanya kebanyakan para desainer template tersebut menginformasikan bahwa template buatannya merupakan template responsif. Tinggal bagaimana Anda memilih yang sesuai dengan selera Anda.

Bila Anda telah menerapkan salah satu dari dua cara diatas, maka blog Anda sudah menjadi mobile friendly. Untuk memastikannya, Anda dapat mengecek pada halaman pengujian situs mobile-friendly. Caranya, masukkan URL blog Anda lalu klik Analisis.

mobile friendly


mobile friendly



shared

sekarang kebanyakan orang buka website dari smartphone jadi blog yang mobile frendly sangat penting ya gan advise2

Komentar Terbaru

Just load it!