Dalam 3 Bulan, Lebih Dari 5 Juta Komputer Terinfeksi Adware

virus


Saat ini, banjir iklan pada perangkat komputer Anda mungkin bukan menjadi hal yang baru lagi. Menjengkelkan memang bila komputer sudah terinfeksi adware, yaitu suatu program jahat yang dirancang untuk membanjiri korban dengan iklan dengan tujuan mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.

Google bersama UC Berkley merilis hasil penelitian mereka, dimana dalam rentang Juni hingga Oktober 2014, sebanyak 5.339.913 alamat IP telah terinfeksi adware, termasuk yang paling populer yaitu Superfish yang dipasang oleh Lenovo pada produk mereka.

Untuk mengatasi adware yang semakin "gila" ini, Google melakukan beberapa upaya, salah satunya adalah mereka tak lagi membolehkan iklan AdWords mengenai software gratis seperti WinZip, VLC dan sebagainya. Ini sangat penting karena biasanya korban adware terkena jebakan ketika mengunduh software gratis dari internet yang biasanya sudah disusupi bermacam-macam adware. Untuk mengantisipasi terkena adware, unduhlah software gratis hanya dari situs resminya, bukan dari penyedia pihak ketiga.
shared

Komentar Terbaru

Just load it!