Lima Hal Ajaib Yang Dilakukan Otak Saat Anda Tidur

tidur


Tidur merupakan sebuah keharusan bagi seorang manusia, dimana pola tidur yang berbeda-beda tergantung aktivitas yang dilakukan. Seperti halnya makan, tidur merupakan kegiatan yang sangat penting bagi seorang manusia untuk kelangsungan hidupnya.

Tapi, tahukah Anda apa yang terjadi pada otak dan tubuh kita saat kita tidur?

Penelitian menunjukkan sejumlah alasan bahwa tidur sangat penting bagi kesehatan. Uniknya, ketika sedang tidur, otak adalah organ yang masih tetap aktif. Saat tidur, neuron di otak terbakar hampir sebanyak yang terjadi selama jam bangun, sehingga tidak mengejutkan bahwa apa yang terjadi selama jam tidur sangat penting untuk otak dan fungsi kognitifnya.

Berikut ini lima hal ajaib yang dilakukan otak ketika sedang tidur :

1. Membuat keputusan

Otak dapat memproses informasi dan mempersiapkan tindakan saat tidur, secara efektif membuat keputusan saat tak sadar. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology menemukan bahwa otak memproses rangsangan yang kompleks saat tidur, dan menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan saat terjaga. 

2. Menciptakan dan mengonsolidasikan memori.

Saat tidur, mencoba membuat memori baru, mengonsolidasikan memori lama, lalu menghubungkan kedua memori tersebut. Kurang tidur dapat mempengaruhi hippocampus, wilayah otak yang terlibat dalam pembuatan memori dan konsolidasi secara signifikan.

Tidur berperan yang sangat penting dalam pembelajaran dan membantu merekam informasi baru yang diterima untuk bisa diingat lagi kemudian. Dr. Matthew Walker, dari University of California memperingatkan, jika Anda tidak tidur, kemampuan Anda untuk mempelajari informasi baru bisa turun hingga 40 persen.

3. Membuat koneksi kreatif

Tidur membuat pikiran dalam keadaan rileks yang dapat membuat koneksi baru dan tidak akan muncul jika Anda dalam keadaan terjaga, sehingga dapat memicu kreativitas.

Universitas of California di Berkeley, melalui studinya pada tahun 2007 menemukan bahwa tidur dapat menciptakan koneksi yang tidak biasa di otak, dimana setelah bangun tidur, 33 persen orang lebih mungkin untuk membuat hubungan antara ide-ide yang tampaknya jauh terkait.

4. Belajar dan ingat bagaimana melakukan tugas-tugas fisik

Otak menyimpan informasi dalam memori jangka panjang melalui sesuatu yang dikenal sebagai spindle sleep, ledakan singkat dari gelombang otak pada frekuensi yang kuat terjadi selama tidur.

Proses ini bisa sangat membantu untuk menyimpan informasi yang berkaitan dengan tugas-tugas motorik, seperti mengemudi, mengayunkan raket tenis, sehingga membuat tugas-tugas ini menjadi otomatis.

5. Membunuh racun

Beberapa penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa fungsi penting dari tidur salah satunya untuk memberikan otak kesempatan untuk melakukan pekerjaan 'bersih-bersih' racun.

Jika tidak mendapatkan cukup tidur, otak juga tidak memiliki waktu yang cukup untuk membersihkan racun, yang dapat berpotensi  mempercepat penyakit neurodegenerative seperti Parkinson dan Alzheimer.
shared

Komentar Terbaru

Just load it!